Latar Belakang

CheckmateDPasca jatuhnya rezim Orde Baru pada Mei 1998, terjadi perubahan besar-besaran dalam tatanan politik di Indonesia. Salah satu indikator terpenting perubahan tersebut adalah menguatnya tuntutan pemenuhan hak asasi manusia dan hak warganegara.  Dilain fihak, perubahan politik yang terjadi tidak diimbangi percepatan perubahan di bidang hukum, sosial budaya dan ekonomi. Sebagai konsekuensinya :

 

  • Potensial menimbulkan ketidakpuasan bagi kelompok yang merasa ke-pentingannya terancam atau tidak terakomodir.
  • Membuka peluang lebar bagi pengartikulasian hak warganegara menurut versi subyektif.
  • Potensial merangsang unsatisfied group dalam masyarakat untuk menye-lesaikan masalah dengan caranya sendiri.

Aktualisasi ke tiga butir konsekuensi di atas terus meningkat dalam sepuluh tahun tahun terakhir, sehingga menimbulkan ketidakpastian keamanan baik di tingkat lokal, provinsi maupun nasional. Kondisi ini tak pelak lagi harus diwaspadai oleh para pelaku usaha di tanah air, karena ketidakpastian keamanan identik dengan risiko yang akan berujung pada kerugian.

Di sisi lain pada saat berbicara mengenai risiko keamanan, sangat sedikit pelaku usaha yang memahami seluk-beluknya. Banyak yang mengira bahwa masalah keamanan dan pengamanan identik dengan Satpam sehingga menyerahkan urusan pengamanan kepada Satpam internal atau perusahaan outsourcing Satpam. Padahal, Satpam hanyalah salah satu muara dari sebuah sistem pengamanan perusahaan.

Agar aset dan karyawan perusahaan terlindungi dari ancaman keamanan secara maksimal, sistem pengamanan perusahaan harus disusun berdasarkan prinsip-prinsip risk management sehingga dapat diintegrasikan dengan sistem lain yang berbasis sama; semisal Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK-3) atau Sistem Manajemen Anti Fraud.  Dengan demikian jauh lebih hemat dalam penggunaan sumberdaya, sementara di lain pihak kinerja yang diperoleh akan jauh lebih baik.

Pendekatan inilah yang membedakan kami dengan konsultan Security & Safety  lainnya.

Comments are closed.